5.07.2014

Questions & Answers about my latest trip!

Ini dia pertanyaan yang banyak ditanyain tentang trip ke Flores kemarin. Karena capek jawabin itu lagi itu lagi, gue ngerasa perlu nulisin detailnya disini biar nggak capek lagi jawabin satu-satu.
So here we go!

Apa rasanya tinggal 4 hari diatas kapal?
-- Well, rasanya menyenangkan sekaligus memilukan. Hari pertama yang paling berat. Rasanya pengen buru-buru nyari bandar udara terdekat terus pulang ke rumah hahaha.
Hari kedua mulai enjoy dan ngerasa seru di kapal, mulai kenal sama bule-bule, local tourist dan awak kapal.
Hari ketiga, mulai nggak mau pulang hahaha, ini emang yang paling seru, spot-spot yang didatengin di hari ketiga juga spot utama yang udah diincer banget! Terus malem ketiga udah mulai deket, suka ngumpul di deck kapal main kartu, ngobrol-ngobrol sama penghuni kapal lainnya. Kita bahkan joget rame-rame di depan kapal sampai subuh hehe.
Hari keempat, agak sedih harus pisah. Eh taunya ketemu lagi tapi di Paradise Cafe sama bule-bulenya, local tourist-nya, kapten kapal sampai awak-awak kapal ada semua disana. Seru deh!
Kayak gitulah kurang lebih penampakan kapalnya.
Tidurnya jadi satu di deck atas. Tenaang, satu orang dapet satu matras kok!

Ada kamar mandi dan air bersih gak di atas kapal?
-- Kamar mandi sebenernya ada dua di kapal, bersih banget juga, tapi air nya asin. Nggak enak banget buat mandi, malah makin lengket. Ada sih tiga gentong air bersih, cuma nggak enak sama yang lain kalo egois make itu buat mandi sendirian, apalagi segentong juga belom tentu cukup kalo buat gue. Huh. Jadilah air bersihnya cuma dipake cuci muka sama gosok gigi doang.
Gue sebenernya bukan tipikal orang yang ribet sama masalah hygiene. Gue jarang mandi juga kalo di rumah, tapi justru disana bawaannya pengen mandi mulu, mungkin karena lengket kali ya kena air laut hehe.
Oh iya, gue dengan begoknya sempet pup di kapal waktu yang lain snorkeling, sedangkan wc di kapal nggak ada septic-tanknya, jadi langsung los ke laut. Pas temen gue tau gue abis pup, langsung deh pada buru-buru naik ke kapal, pada takut ketemu "buangan" gue hahaha ;p
Tuh WC nya gue foto pas lagi pup. Bersih kan?

Jadi selama disana nggak mandi dong?
-- Pinter-pinter ngakalin dan nyari kesempatan aja, gue selama disana mandi tiap hari kok. Tiap ada air tawar, kayak air terjun Pulau Moyo, gue bawa sampo sama sabun buat nyempetin mandi, terus di Pulau Satonda kan ada kamar mandi, gue bela-belain mandi juga meskipun bayar wqwq.
Tapi momen-momen mesti tidur dengan badan lengket karena nyemplung laut tanpa mandi tetep ada.

Ada listrik nggak di kapal?
-- Ada, tapi ga dinyalain setiap waktu. Biasanya sore sama malem gitu dinyalain, tapi Kapten gue kemaren friendly banget, bisa request minta ngecharge kalo urgent hehe. Oiya, colokannya terbatas, jadi mesti ganti-gantian sama yang lain. 

Makanannya gimana?
-- Biaya sewa kapal yang udah dikeluarin itu udah termasuk makan dan minum selama 4 hari di kapal. Gue bukan tipe yang rewel soal makanan sih, asal jangan sayur aja hehe, jadi kalo makanan selama di kapal kayaknya ngga masalah di gue.

Kenapa nggak langsung direct flight aja ke Labuan Bajo?
-- Kalo langsung ke Labuan Bajo, it's too pricey, tiket penerbangan ke daerah Timur itu harganya lumayan banget. Waktu gue cek kemarin, tiket Lombok-Labuan Bajo termurah itu harganya 1.600.000 for a one way trip. Duh, mending kemana gitu ya kalo harganya segitu. Lagipula, planes to Eastern Indonesia are usually small and creepy.

Gue ngga tau ada direct flight Jakarta - Labuan Bajo atau enggak, tapi kayaknya mesti lewat Denpasar atau Lombok dulu. Perkiraan transport kalo direct flight mungkin gini kali ya:
PP Jkt-Bali/Lombok : 1.800.000
Bali/Lombok-Labuan Bajo : 1.600.000
Labuan Bajo-Bali/Lombok : 1.600.000
Lumayan mahal kan jadinya? Tapi suka ada promo tiket murah kok, pinter-pinter aja nyari tiketnya.

Total budget selama trip Flores + Gili Trawangan?
-- Sebenernya banyak pengeluaran tidak terduga sih, cuma kurang lebih begini:

Flight PP Jakarta - Lombok: 1.800.000
Sewa mobil Mataram - Bangsal : 350.000
Biaya kapal Lombok - Flores : 1.850.000
Mandi di Dompu : 10.000
Aqua buat cuci muka : 10.000
Hotel di Labuan Bajo : 500.000
Makan di Labuan Bajo : 200.000
Ojek selama di Labuan Bajo : 30.000
Kapal Ferry + Bus Labuan Bajo - Lombok : 350.000
Sewa mobil Pemenang - Bangsal : 350.000
Kapal Bangsal - Gili Trawangan : 10.000
Cidomo (Delman) : 50.000
Trio Homestay : 350.000
Rent Sepeda : 40.000
Beach Wind hotel : 400.000
Makan di Gili Trawangan : 350.000
Kapal Gili T - Bangsal : 10.000
Sewa mobil city tour + bandara : 350.000
Ayam Taliwang + Oleh-oleh : 300.000
Airport tax : 40.000 x 2 = 80.000
Total : +/- 7.040.000

Tapi hotel dan sewa mobil biasanya dibagi 5 patungan sama temen, jadi jauh lebih murah dari itu.
Tenang, tenang.. Gue yakin kalo lo nggak hedon, lo bisa jauh lebih murah dari itu hehee, kalo lo backpacker sejati budgetnya cuma dikisaran 3-4juta aja kok.
Tinggal pinter-pinter milih penginapan murah dan tempat makan murah. Apalagi kalo bisa dapet tiket promo pesawat, lumayan banget kan? Hehe.
Fyi, disana banyak kok hotel yang harganya 100ribuan per-kamar.

Yang mesti dibawa selama perjalanan?
-- Snack! Cemilan! Popmie!
Sunblock, swimwear, camera, underwater camera/case, celana dalem mending pakai yang kertas biar langsung buang, headset atau kalo perlu speaker, kartu remi atau uno, sendal jepit, powerbank, terus handphone... Umm, sama baju secukupnya. Itu aja kali ya.
Pokoknya yang paling penting itu cemilan sama hiburan buat ngabisin waktu selama di kapal. Kenapa? Soalnya satu jam di kapal itu rasanya kayak 3 jam di daratan hahaha.


2 comments:

  1. wow menarik sekali!
    tapi kalo misal dapet temen temen dikapal serem serem ngeri juga kali ya.
    btw seru mana daripada ke phi phi island? keren mana pantainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm nggak bisa dibandingin sih, masing2 ada plus minus nya. untuk wisata pantai yang santai dan ga ribet jelas enakan phi-phi, tapi kalo mau yang agak menantang dan ga pantai melulu ya flores hehe

      Delete